Sabtu, 24 Desember 2011

Tugas Umum 2

Pemanfaatan Teknologi Komputer

Komputer pada saat ini sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari - hari. Teknologi yang semakin hari semakin canggih memaksa kita untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi komputer. Sama halnya dengan internet, komputer menjadi salah satu alat teknologi yang digunakan dan dimanfaatkan banyak orang untuk menunjang berbagai aktivitas mereka.

Pemanfaatan teknologi komputer sendiri terjadi di berbagai bidang, seperti :
  1. Bidang Perbankan : komputer dimanfaatkan untuk sistem uang elektronik (ATM dan kartu kredit), penyimpanan data dan pemrosesan transaksi secara on-line.
  2. Bidang Perdagangan : komputer dimanfaatkan untuk memproses data transaksi dalam jumlah banyak, pembuatan laporan keuangan, dll.
  3. Bidang Industri : seperti penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer, untuk merancang produk industri, dll.
  4. Bidang Pendidikan : komputer dimanfaatkan sebagai alat pembelajaran, menyimpan data - data pendidik dan para murid, membuat soal - soal ujian.
  5. Bidang Kedokteran : komputer dimanfaatkan untuk membantu dokter dalam mendiagonis penyakit pasien,  menyimpan data pasien, USG, dll.
  6. Bidang Penelitian : komputer dimanfaatkan sebagai alat penyelidikan tenaga nuklir dan pemrosesan data, ramalan cuaca seperti pengambilan gambar awan.
Pemanfaatan teknologi komputer memberikan banyak dampak positif, seperti pengiriman informasi data jadi lebih cepat, pekerjaan lebih cepat selesai dan efisiensi tenaga kerja. Selain memberikan dampak positif, pemanfaatan teknologi komputer juga memberikan dampak negatif, seperi orang - orang jadi lebih bergantung dengan komputer, banyaknya pengangguran karena tidak bisa menggunakan teknologi komputer dan data - data dalam komputer bisa hilang kalau terkena virus. Jadi kita harus bisa memanfaatkan teknologi komputer dengan sebaik - baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar