Senin, 26 Desember 2011

Tugas Umum 3

Menetapkan Tujuan Hidup yang Jelas


Mengapa sebagian orang kurang termotivasi untuk belajar? Yakin deh, pasti salah satu faktornya adalah tujuan. Artinya mereka belum memiliki yang jelas sebenarnya ke mana arah atau sasaran yang di tuju. Soalnya, kalau kita sudah mempunyai tujuan atau sasaran yang jelas atas hidup kita, pasti kita akan lebih terfokus dan lebih terarah.

Memulai segala sesuatu dengan lebih dahulu menetapkan tujuan yang jelas adalah langkah awal yang kreatif. Manfaatnya, kita tidak hanya cepat tiba di tempat yang kita tuju karena kita bisa melihat gambaran menyeluruh arah yang kita tuju, lebih dari itu kita akan merasa lebih puas bila menikmatinya karena kita akan tiba di tempat yang memang kita harapkan.

Mungkin kita sadar, tetapi kenyataannya kita selalu melakukan hal ini. Pasti, ketika kita ingin menulis karangan atau tulisan, Kita akan terlebih dahulu memilih tema dan membuat outline-nya. Ketika kita ingin memasak, Kita terlebih dahulu menetukan jenis masakan dan resep – resepnya. Dan ketika kita ingin membangun sebuah rumah, kita terlebih dahulu menggambar sketsa rumah yang akan kita bangun. Demikian halnya dengan hidup, ketika ingin meraih masa depan yang kita cita – citakan atau sasaran hidup yang kita inginkan, maka agar kita dapat menikmati kebahagian atau kepuasan akan hal itu sebaiknya kita harus mulai menetapkan tujuan hidup yang jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar